SELAMAT DATANG DI FKA ESQ PAPUA " Sekretariat : Jl. Drs.Krisno No. 4 Angkasapura - Jayapura Telp. 0967-522999 Fax. 0967-521058 Telp / Fax :0967-534941, 550661"

Jumat, 27 Februari 2009

Indonesia Emas

ESQ mempunyai visi Indonesia Emas 2020, yakni sebuah tatanan masyarakat madani yang cerdas secara intelektual (IQ), emosional (EQ) dan spiritual (SQ). Proses pembentukan Indonesia Emas dimulai dengan tiga tahap dasar, yakni tahap spiritualitas: peggodokan insan manusia untuk menyadari siapa dirinya, untuk apa ia dilahirkan, dan siapa penciptanya. Tahap kedua: membangun mentalitas. Tahap ketiga: pembangunan sosial ekonomi masyarakat.

Dengan ketiga tahap itu, visi Indonesia Emas bukanlah sekadar harapan dan impian. Itu sudah menjadi kerja besar, dimulai dengan penyebaran training ESQ di seluruh Indonesia. Itulah modal awal bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang “ummi”, yang siap bangkit menjadi bangsa yang besar, generasi emas pembangun peradaban baru.

Alumni

Salah satu kekuatan ESQ adalah alumni. Lebih dari 400.000 alumni telah diluluskan sejak training pertama diselenggarakan pada 2001. Selain dari jumlah yang fenomenal dan terus bertambah, alumni juga sangat penting bagi kelangsungan hidup ESQ LC. Dengan dibentuknya Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ, para alumni di seluruh Indonesia dan di luar negeri dapat saling bertemu, bersilaturahmi, menyatukan visi dan misi, serta menggalang potensi-potensi yang dimiliki.

Keberagaman target pelatihan ESQ, mulai dari anak-anak hingga manula, dari pemimpin negara hingga ibu rumah tangga, menjadikan alumni ESQ merupakan sumber daya yang kuat dan siap melakukan total action bagi agama, bangsa dan negara. Walaupun datang dari berbagai latar belakang, para alumni bersatu direkatkan oleh nilai-nilai spiritual yang dikembangkan bersama. Inilah bukti nyata ESQ sebagai oksigen yang hadir di mana-mana dan memberikan kesejukan dalam kehidupan seluruh komponen bangsa.

Saat ini Ikatan Alumni ESQ telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Bahkan pada 2006, ESQ mencatat sejarah baru dengan berhasil membentuk FKA ESQ di luar negeri (Malaysia dan Belanda). Berbagai kontribusi positif telah dilakukan ESQ untuk kepentingan umat melalui program-program pemberdayaan di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kegiatan sosial lainnya seperti ESQ Peduli Pendidikan, Peduli Kesehatan, serta aksi Peduli Gempa dan Tsunami.

Grha 165

Grha 165 berlokasi di Jalan TB. Simatupang, Jakarta Selatan. Desain gedung ini memiliki filosofi tersendiri. Dengan 1 menara, 6 sisi dan 5 tiang yang menyangganya, Grha 165 mengandung makna nasionalisme dan spiritualitas karena mulai dibangun tepat bersamaan dengan hari lahir Pancasila (1-6-45). Sedangkan 165 berarti 1 Ihsan, 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Yang fenomenal adalah terdapatnya sandstone, yaitu pasir yang mengeras sehingga membentuk batuan keras di kedalaman 12 m di bawah permukaan tanah. Alhasil pembangunan gedung ini tidak memerlukan pondasi layaknya pembangunan gedung bertingkat lainnya.

Dengan tinggi 25 lantai – sama dengan jumlah nabi – gedung ini nantinya akan dilengkapi dengan balai sidang untuk keperluan pelatihan ESQ.

Grha 165 merupakan usaha bersama para alumni ESQ. Mulai dari desain dan konstruksi, material pembangunan, perizinan, keuangan, hingga kepemilikan gedung, dibuat berdasarkan sistem pembelian saham. Meski demikian, masyarakat luas yang belum bergabung dengan komunitas ESQ, memiliki kesempatan untuk berperanserta dalam pembangunan Grha 165 yang, insya Allah, akan menjadi simbol tercapainya era Indonesia Emas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami via E-mail


Nama
Alamat e-mail
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

 

blogger templates | Dokter PC in Jayapura